Maraknya Oli Palsu di pasaran, berikut cara membedakannya !

Posted by on November 16, 2017 in Otomotif

Jakarta, Otomalltif –  Maraknya penjualan online otomotif membuat kita kurang memperhatikan barang yang kita beli, terutama saat menemukan harga yang murah tentu kita tertarik membelinya tanpa lagi memikirkan bahwa barang yang kita beli belum tentu jaminan asli dan terjamin kualitasnya. Dengan kualitas yang buruk justru akan menambah biaya lagi kedepannya apabila terjadi kerusakan pada kendaraan kita.

Tak terkecuali oli, oli sangat sukar dibedakan asli dan palsu, label dan packaging dapat dibuat semirip mungkin. Namun kita dapat lebih jeli dalam membeli dengan memperhatikan kondisi-kondisi sebagai berikut:

 

1. Kemasan

Kemasan mungkin bisa sama, namun yang paling sering digunakan adalah kemasan bekas sehingga kita dapat melihat apakah kemasan tersebut dalam kondisi baik dan layak ? dan stiker pada kemasan apakah masih bagus, tertempel dengan baik dan tidak kusam.

 

2. Botol

Tutup botol biasanya memiliki kunci tersendiri meskipun ini dapat dibuat juga dari pelaku peracik oli palsu. Namun setidaknya meminimalisir kesalahan, tutup botol yang masih segel dan baru lebih sulit dibuka dan tidak mudah longgar.

 

3. Nomor Kode pada kemasan

Harap memperhatikan nomor kode barang anda dan produksi pada kemasan maupun tutup botol anda.

 

4. Teknologi tutup kemasan

Produsen semakin lama semakin canggih mereka menggunakan standar sekali buka pada tutup botol oli mereka sehingga dilihatlah dan dipeganglah oli anda saat membeli jangan langsung mempercayakan pada orang bengkel/toko.

 

5. Warna dan bau

Oli pelumas yang asli bening tidak berbau berbeda dengan yang palsu namun seiring berkembangnya jaman mereka dengan pintar menukarkan oli asli dengan oli merk lain dengan harga lebih murah contoh = Oli Perta***a dimasukkan ke oli merek lain yang lebih mahal.

 

6.Harga

Oli memiliki harga dengan standar yang telah ditetapkan, sebagai contoh Oli TMO 10W-40 memiliki standar harga termurah di kisaran 200ribu-an untuk galon dan dan 55ribu-an untuk 1 liter yang tidak mungkin harga tersebut bisa dibawah harga standar pabrik meskipun dijual oleh distributor besar.